Sabtu, 14 Maret 2009

SELAYANG PANDANG

PERJALANAN RIWAYAT SINGKAT 
SMP MUHAMMADIYAH 2 GISTING 
TAHUN 1984-1985

Berdasarkan Rapat Panitia Pendiri SMP Muahammadiyah 2 Gisting pada bulan Juli 1984 yang diketuai oleh Bapak Hi saelan. dan Anggotanya : M. Ilyas Daud.Bp. Imam Hanafi Bp.Suwarino.Ba Ahmad Harun, H. M.K. Prayitno, Bp.Malekan (kades ) dan Tokoh Pendidikan masyarakat Campang berdirilah SMP. MUH.2 Gisting yang menempati Gedung sementara di Balai Desa Campang. Adapun Pimpinan Amal Usaha yang ditunjuk oleh Persyarikatan Muhammadiyah Gisting adalah Suwarino.BA. Pada awal berdiri SMP Muh 2 Gisting mulai beroperasional pada tahun pelajaran 1984/1985 hanya menerima siswa sebanyak 68 orang dan Guru sebanyak 10 orang. Kemudian berdasarkan usulan MPKW Muhammadiyah Lampung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia secara sah SMP. Muhamadiyah Campang resmi berdiri dengan nomor Surat Keputusan : 857/I.12.B1/U/1990.Surat Keputusan ini ditanda tangani atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Lampung oleh Drs. M. Z. Abidin, pada tanggal 23 April 1990. 

TAHUN 1986-1987

Piagam Pendirian Perguruan Muhammadiyah diberikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan nomor : 4266/II-54/LP84/1987 bahwa SMP Muhammadiyah Campang yang berkedudukan di Campang Kecamatan Talangpadang Kabupaten Lampung Selatan adalah milik Persyarikatan Muhammadiyah yang dibina oleh Majlis/Bagian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Cabang Gisting, Daerah Lampung Selatan, Wilayah Lampung didirikan tanggal 13 juni 1987 dan telah terdaftar pada Majlis Pendidikan pengajaran dan Kebudayaan :
Pusat No : 4266/II-54/LP-84/1987
Wilayah No : 191/II-084/LP-84/1987
Daerah No : 066/II-029/LPs-84/1987
Penandatangan Piagam ini adalah Drs. H. Sutrisno Mundam sebagai Ketua dan Drs. Moh. Soewardi sebagai Sekretaris.
Dan pada tahun ini pula SMP Muhammadiyah Campang melalui Persyarikatan dapat membeli Tanah lokasi Sekolah yang berukuran 2230 M2. yang sampai sekarang belum tersertifikasi. 
TAHUN 1986-1987

Status SMP Muhammadiyah Campang Gisting sejak berdiri sampai dengan tahun 1990 masih tetap Status Terdaftar Dan berupaya untuk belajar di pagi hari . Dengan terbangunya tiga ruang belajar yang sederhana mulai tahun ajaran 1990 SMP muhammadiyah Campang mulai belajar Pagi hari.

Pada tahun 1995 masa kepemimpinan Bapak Suwarino.BA berakhir, sebagai penggantinya oleh Persyarikatan Muhammadiyah Cabang Gisting Bagian Dikdasmen yang di ketua oleh Bapak Drs. F Mukhtaruddin menunjuk Bapak WILOPO untuk menjabat Kepala Sekolah. Pendampingnya adalah Bapak Imam Hanafi yang menangani bidang kurikulum dan bidang kasiswaan, Beberapa bukti fisik selama beliau memimpin di SMP Muhammadiyah Campang adalah membangun ruang belajar yang penyelesaiannya diserahkan pada pimpinan Amal usaha yang baru.
TAHUN 1988 - 1990

Seiring dengan bergulirnya waktu, SMP Muhammadiyah Campang Talangpadang dari tahun ke tahun siswa yang mendaftar ke SMP.Muh Campang Talangpadang grafiknya selalu meningkat. Begitu pula dengan statusnya pun mengalami perubahan.Pada tahun pelajaran 1990/1996 jenjang Akreditasinya meningkat. Dari status Terdaftar menjadi status “Diakui”. Status ini diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah yang ditandatangani oleh Dirjen yaitu Drs Umaedi,M.Ed, tertanggal 06 Mei 1996 dengan nomor :659/I.12.B1/U/1996.
Dan mulai dengan status diakui SMP.Muhammadiyah Campang berubah nama menjadi SMP Muhammadiyah 5 Talangpadang.

TAHUN 1990 - 1996

Pada tahun pelajaran ini SMP.Muhammadiyah 5 talang padang mencoba untuk berbenah dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam pencapaian perolehan hasil UN dan penciptaan lingkungkungan yang SEBEIT , Sehat, Bersih , Indah dan Tenang sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif. Beriring dengan hal diatas pimpinan Amal Usaha selalu didampingi Oleh Wk. Kurikulum Bp. Suwandi dan Wk. Kesiswaan Ibu Inwahyuni beserta perangkat sekolah lainnya. 
TAHUN 1997 - 2000 

Pada tahun pelajaran ini SMP Muhammadiyah 5 Talangpadang dari status diakui menjadi status terakreditasi B dengan nilai 81,65. dan pada tahun ini juga mencoba menerapkan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang dikenal kurikulum 2004
Dalam mengelola Keberhasilan Amal Usaha, Pimpinan Amal Usaha di dampingi Urusan Kurikulum Ibu INWAHYUNI dan Urusan Kesiswaan sarjono
Bukti fisik kepemimpinannya adalah Penambahan RKB sebanyak 3 lokal ,Leb Komputer,kantor guru,kepsek dan TU. (ms.1) 
TAHUN 2000 - 2004

Dari status “Di Akui ”. Status ini diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah yang ditandatangani oleh Dirjennya yaitu DrsUmaedi,M.Ed, tertanggal 06 Mei 1996 dengan nomor :659/I.12.B1/U/1996 kemudian status ini kembali berubah dari diakui menjadi ter Akreditasi B yang diberikan Oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional ( BNSP ) yang ditandatangani oleh Drs Ikhwan Muslimin ,MM. tertanggal 20 April 2004 dengan nomor Dp 000168 D-072-210.

TAHUN 2004 - 2005

Pada tahun ini SMP Muhammadiyah 2 Gisting terus berpacu dalam mengacu pada pendidikan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan selalu mengedapan dalam kecakapan Life Skill, beriring dengan bergantinya tahun pelajaran pimpinan Amal Usaha berupaya selalu untuk lebih maju dalam hal ini pimpinan Amal Usaha pada Tahun 2007-2008 dibantu dengan Wakasek Urusan Kurikulum INWAHYUNI dan Koord. BP/BK dan Kesiswaan WIHARTONO beserta jajaran lainnya. 
TAHUN 2006 - 2007
Pada tahun ini pula SMP Muhammadiyah 2 Gisting berdasarkan Surat Keputusan dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah wilayah propinsi Lampung Nomor. 17/KEP/II.4/B/2007 tertanggal 13 R. Awal 1427 H /01 April 2007 M dari SMP Muhammadiyah 5 Talangpadang berubah menjadi SMP Muhammadiyah 2 Gisting. 

KEPALA SEKOLAH 

1984 – 1995 Suwarino.BA Pindah ke SDN Tl.padang
1996 - 2007 W i l o p o Sampai sekarang
2008 – 2011

20 komentar:

  1. kami selalu terus berjuang tanpa harus menghirauankan cucuran keringat kami HIDUP dan HIDUPKAN MUHAMMADIYAH melalui gerakan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ranting SMP M 2 Gisting kami siap menjalankan Amanah Persyarikatan dan Ikatan Demi Lancarnya Roda ORGANISASI. Walau ada yang tidak suka dengan keberadaan saya, tetapi saya tidak perduli karna Tujuan Saya Bersama adek - adek IPM Untuk Menjalankan Janji Pelajar Yang berbunyi SANGGUP MELANGSUNGKAN AMAL USAHA MUHAMMADIYAH (adiobara@Yahoo.co.id)

    BalasHapus
  2. Apa sih pak maunya k" WS itu apa dia mau gantiin k" adi kl mau dia hrs kyk k" adi doooooong, jadi pembina IPM TS Pramuka jangan cm IPM aja. kami semua ga' sneng pak dngan WS itu cara nya yg ga' baik

    BalasHapus
  3. MENURUT AKU, SMP MUHAMMADIYAH 2 GISTING GURUNYA BISA DIAJAK BERCANDA ,DAN ITU BISA MEMBUAT ANAK2 MENJADI BETAH,DAN NGGAK JENUH WAKTU DI KELAS.AKU LEBIH SUKA MA BU DESI YANG BISA DIAJAK BERCANDA.
    BY TRIANI MUTIA

    BalasHapus
  4. SMP MUHAMMADIYAH ADALAH SMPYANG BANYAK KEGIATAN. TAPI SEHARUSNYA LEBIH DI SIPLIN LAGI MISALNYA:ANAK YANG TERLAMBAT ANAK YANG BOLOS DAN JUGA DI WAKTU ISTIRAHAT TIDAK BOOLEH KELUAR LINGKUNGAN SEKOLAH DAN JIKA MELAKUKAN PELANGGARAN TERSEBUT SEHARUSNYA DI BERI SANGSI YANG BERAT SUPAYA TIDAK MENGULANGI NYA KEMBALI

    BalasHapus
  5. BELAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GISTING ITU ENAK, DAN GURU-GURU SEMUA BAIK.DI SMP MUHAMMADIYAH ITU JUGA SERING ADA KEGIATAN,APA LAGI ANAK IPM.

    BalasHapus
  6. beelajar di smp muhammadiyah 2 gisting itu enak dan nyaman.dan guru-gurunya cantik, ganteng +baik. by iis.

    BalasHapus
  7. SMP KITA TU MEMANG BERPENDIDIKAN YANG GAK KALAH MA SMP LAINNYA PA LGI MA SMP NEGRI.MEREKA CUMA NAMPAGIN MUKA ,TETAPI MEREKA GK MEMIKIRKAN GIMANA SUSAH NYA IBU MEREKA MENCARINAFKAH BUAT MEREKA.................?

    BalasHapus
  8. smp muhammadiyah gisting itu adalah sekolah yang mempunyai ciri khas tersendiri.pada segi pembelajarannya yaitu pelajaran KMD .guru-guru yang ada di smp itu semuanya mempunyai cara mengajar sendiri. by mei sari

    BalasHapus
  9. smp m 2 gisting makin asik dan keren abis tidak kalah dengan smp n dan smp m lain nya

    BalasHapus
  10. MENURUT SAYA SMP M2 GISTING FASILITASNYA MASIH KURANG DARIPADA SEKOLAH-SEKOLAH YANG LAIN.DAN MASALAH TENTANG GURU-GURUMUHAMMADDIAH 2 GISTING KURANG TERTIP,DALAM BERPAKAIAN,DENGAN MASALAH MURIT-MURIT MUHAMMADIAH2 GISTING KURANG TERAMPIL DAN GURUNYA DALAM MENDIDIKPUN KURANG TEGAS DALAM MENGAMBIL SUATU TINDDAKAN.
    NAMA;IRWAN.

    BalasHapus
  11. Menurut saya smp m 2 GISTING MURID MURIDNYA NAKAL NAKAL SEHINGGA GURUNYA MALES MENGAJAR .
    BY AHMAD ARIFIN

    BalasHapus
  12. aku almni smpmuh campang yang sekarang smp muh 2 gisting salam buat adik adikku yang rajin belajar dan sekolah dimana aja itu sama yang penting kita mau belajar baelajar dan terus belajar ada kata pepatah tuntutlah ilmu sampai kenegri cina dan ilmu yang bermanfaat itu yang bakal kita bawa sampai akhir hayat. hidup smp muhammadiyah. aku yang sekarang di kalimatan.

    BalasHapus
  13. menurut saya smp muhammadiyah 2 gisting pak guru & bu gurunya asyik kalo di ajak bercanda +kalo lagi serius sangat serius . sekolahannya nyaman n sejuk.by putri rava afifah

    BalasHapus
  14. menurut saya smp muhammadiyah kita akan sangat menyentuh hati setiap masyarakat...... bila di renovasi kembali

    BalasHapus
  15. smp muhammadiyah 2 gisting itu adalah sekolah yang mempunyai misi dan visi t ertentu. buy holfi

    BalasHapus
  16. menurut saya:
    smp muhammadiyah 2 gisting adalah termasuk sekolah yg keren and tidak kalah dengan sekolah yg lain
    by ahmad zai nuri

    BalasHapus
  17. SMP MUHAMMADIYAH 2 GISTING,SEKOLAH YANG SEDERHANATAPI SEKOLAH ITU TIDAK KALAH DENGAN SEKOLAH LAINYA .DENGAN BAKAT YANG CUKUP BERPRESTASI PADA SISWA DAPAT MENJADIKAN SEKOLAH YANG SEDERHANA DAPAT MENJADIKAN SEKOLAH BAIK DAN DI KENAL MASYARAKAT.BY:RYNA

    BalasHapus
  18. demi kelancaran dalam kegiatan ektra mohon pak agar perguruan seni bela diri indonesia tapak suci putera Muhammadiyah di fasilitasi berupa Handback, body sparing dan sansak, agar siswa tapak memiliki pengalaman dan modal utama dalam mengikuti kejuaraan dan even2 Pencak silat,

    saya bangga melihat semangat siswa tapak suci tetapi tidak kah kita hargai semangat mereka dalam mengharumkan SMP Muhammadiyah. kami mohon pak bantuannya untuk memfasilitasi Siswa Tapak Suci, sementara kami selalu pinjam handback dan Body di SMA dan SD Muhammadiyah ya.... walau sedikit malu tetap kami lakukan demi terwujudnya cita - cita kami? atas bantuan nya kami ucapkan terimakasih......... hidup TS Allohuakbar ......

    BalasHapus
  19. assalamu'alaikum
    bagaimana kabar ayahanda ibunda dewan guru smp muhammadiyah 2 gisting saya adalah salah seorang yang dulu pernah menyumbangkan ilmu untuk siswa/i smp muhammadiyah 2 gisting.
    saya bangga dengan prestasi adik - adik siswa tapak suci yang berkembang pesat. saat ini saya mengajar di SMK negeri 1 kotaagung barat dan smk teluk semangka dan alhamdulillah di sini saya mendirikan TS juga saya mohon doa dan dukungan agar saya tetap selalu mendakwahkan muhammadiyah melalui seni bela diri TAPAK SUCI Wassalam saya tetap cinta kepada Almamater SMP Muhammadiyah 2 Gisting

    BalasHapus